Minggu, 11 Maret 2012

diare

ini soal limahuruf itu..
iya.. diare, kenapa jadi istimewa banget yah dlm hidupku??

karna keseringan diare.. (kecuali pas KP)..dan pasca KP aku memang bertekad memperbaiki pola makan, istirahat, minum.. yaa intinya mau berusaha menerapkan pola hidup sehat..

kopi2 instan aku singkirkan..(lebih tepatnya ga beli lagi), begitu juga dengan mie instan.. hu'um.. makanan instan mesti kita kurangi guys.. aduuhh.. hidup itu ga instan kaann???
nah, kamar juga dirapihin, juga bertekad untuk rajin bersih-bersih.. huehe..

lumayan, dengan pola hidup yang lebih baik..kadar kemalasan dan keterbengkalaian berkurang..
termasuk intensitas diare.. sejauh ini aku baik-baik saja..

haha.. tapi beda kali ya buat duahari ini..
.. belum lagi..hahah..ga usah cerita ah..
alhasil.. seharian ini, atas keterpaduan banyak hal.. :diare-ku kambuhlagi..
dan kenapa hal ini berbanding lurus dengan pelupa-an-nya aku?? hu'um..hari ini aku pikum banget..

mum mum mum mum..
dah lemes bgt kayak pohom cimplukan yg direbus.. huek..

akhirnya aku cari tahu tentang seluk beluk di limahuruf ini..
berikut hasil pencarian saya:

pertama, virus disebabkan oleh diare, ergh.. diare disebabkan oleh virus yang bernama enterovirus.. yah, virus2 golongan itu bikin saluran pencernaan terinfeksi.. jadinya diare..

kedua, nah, kalo diare-nya lebih sering tanpa sebab seperti aku ... bisa jadi itu karena terkena irritable bowel syndrome alias sindrom iritasi usus besar atau sering disebut juga kolon spastik.IBS disebabkan karena stress.. tahukah anda saudara-saudara? stress itu meningkatkan asam lambung, inget tu yaa..meningkatkan, walaupun cm sedikit.. nah, ditambah kalo ternyata saluran pencernaan kita sensitip sama makanan-makanan enak asam, pedas, kopi.. kalo penyebab diare-ku kayaknya yg kedua deh, aku kan unyu2..ga pernah stress..hahaah.. (lho?)

irritable bowel syndrome ini ga berbahaya kok.. cuma bikin lemes aja karena dehidrasi..tapi kalo dibiarin ya bisa mati juga..

so, buat menjaganya adalah dengan: hati2 memilih makan. yg sehat, yang bersih, yang nga terlalu (pedes,asem,keras,banyak,sedikit,jauh,mahal)

okey sodara-sodara..
semoga anda semua dimanapun berada selalu sehat..

aku kasih saran: minum teh hijau.. sesekali ajaa.. bikin relaks.. dan ngga bikin diare..
it's work so well..

keep smell freenn.. :D

eits, ada yang ngga tahu pohon cimplukan? kapan2 aku ceritain deh..

Tidak ada komentar: