Kamis, 19 April 2012

Pengembangan Produk Pangan

ini ujian hari senen kemarin... dosennya ibu prof. you know lah, kalo diajar ma profesor itu sesuatu.. yang disampaikan sederhana.. mudah dicantelin di otak.. bersahaja.. dan tentu..semua itu didapat bukan karna dangkal ilmunya..justru karna saking dalamnya..sehingga ilmu yang meluncur jadi jernih.. mudah diserap otak.. hehe..
saya selalu seneng tiap diajar prof, meskipun harus rebutan duduk di depan dan memperhatikan dengan seksama.. selalu menyenangkan kuliahnya..
slide-nya juga sederhana, teramat malah.. tapi penjelasannya itu boo.. muantep.

dan kira2 beliau menjelaskan begini:

suatu industri pangan jelas membutuhkan suatu perubahan.. kenapa?karna suatu produk industri memiliki siklus 'hidup'.. "life cycles of product"
dan motor alias nyawa darinya adalah konsumen.. "does acompany need new product?" jelas..
life cycle product sendiri melalui beberapa 'siklus'.. yg pertama yaitu "testing"..coba-coba..diramu, diracik.. ini nih peran penting dari bagian Research and Development.. yang kedua itu "introduction"..pengenalan..setidaknya pada kalangan tertentu..melihat respon..dan kemungkinan "nyawa" produk baru ini..
selanjutnya adalah "market expansion" yaitu pelemparan produk ke pasaran..masih dalam kalangan terbatas.. misalnya terbatas daerah..dll.. yang keempat itu "market saturation"..kondisi dimana produk sudah stabil dipasaran..penerimaan baik..dll, dll.. nah yang terakhir ini.."obsolescence" alias "kekunoan" kondisi dimana produk udah mulai terasa jenuh dan terlihat 'kuno' di pasaran.. maka dari itu.. perlu adanya 'pembaruan', meskipuunn..hanya kemasannya saja..

Nah, dalam membuat produk baru jugaa, memperhatikan rumus sakti berikut ini: 5 (4+1) P dari Marketing yaitu "product", pada produk hukumnya wajib untuk menyertakan 'nilai tambah' alias added value..nilai tambah itu tidak boleh menghilangkan atribut mutu yang telah ada.. atribut mutu merupakan definisi produk yang dapat diwakili dari pernyataan berikut;
1. what the product is
2. what the consumers are
3. what they want
kawan-kawan tahu apa beda antara pernyataan "what the product is" dengan "what is the product"?
nah, kalo pada ga tahu, tanya langsung ke prof ya.. hahaa.. bilkhusus sahabat saya difaperta non TP, bolehlah hubungi saya kalo sangat penasaran.. ^^

P yang kedua adalah "place"..place ini mengacu pada time (waktu) dan space (ruang), nah lho.. apa pula ni.. maksudnya begini kawan2.. placeini memiliki maksud, bagaimana produk tersebut diletakkan di tempatnya dipasarkan.. misalnya di supermarket.. itu produk jenis apa, misalnya jenis yogurt.. diletakkan di tempat yang bagaimana, suhunya seperti apa..dan apakah peletakkan yogurt tadi bercampur baur dengan produk lain 'yang mirip yogurt'? hoho, owalah..saya baru tahu deh ni soal tempat gini.. kirain mah, taruh taruh aja, jual jual aja.. ribet amat dipisah2.. hal tersebut perlu kawan..  selain agar memudahkan konsumen mengambil produk dan memilihnya agar tak salah ambil, peletakkan produk juga berperan dalam menjaga kualitas si produk itu sendiri..

selanjutnya P yang ketiga itu "price"..semuanya dah tahu lah ya.. maksudnya adalah harga.. namun yang bagaimana? tentu saja karena kita sedang membicarakan suatu industri, maka harga disini selalu dikaitkan dengan 'value' dari suatu produk..
dan ternyata sodara2 sekalian.. penentuan harga ini, memiliki "best market" ditataran 'low price low value', karna sudah cukup untuk dapat mendongkrak "kualitas hidup" konsumennya.. bayangkan saja.. adanya produk mi kremes tentu menjadikan orang terlihat lebih keren daripada harus membawa-bawa mie instan yang diremukin.. hehee

Keempat dari 5 P marketing ini adalah "promotion"..nah promosi ini ternyata bukan hanya sekedar iklan kawan..bisa juga suatu "educated market", kita ambil contoh pocari sweat, dulu masyarakat mana ngerti kalo kita berkeringat itu ngga cuma ngeluarin air..tapi uga mineral-mineral dalam tubuh.. dan pocari sweat mengemas promosi-nya sangat apik dengan mengedukasi pasar.. dan itu diterima pasar..dan bertahanlah si pocari ini sampai hari ini..

P yang terakhir adalah "perspective" alias pandangan ke depan..bagaimana konsumen membutuhkan suatu produk, ini sih terkait "kepekaan" atau "naluri" seorang R & D ^^

nah, itu 5 (4+1) P dari Marketing, yg jelas "marketing is much more than just advertising" dan "food industry is a consumer-driven industry"
dan mata kuliah ini, kata si prof, diluar negeri merupakan mata kuliah puncak.. pembuktian dan pengamalan dari semua ilmu yang telah diperolah..
huuuwiiiss.. jadi inget jelly drink leebaayyy tim saya, haha.. semoga berhasil.. ^o^

okey, baiklah..seperti itu kawan.. ada pertanyaan,? hehe

semangaaattt!!

5 komentar:

arasholihah mengatakan...

4P: JAdi inget...itu kan pertanyaan pas pendadaran, yang ga bisa dijawab:)dan si Prof. cuma senyum2, berharap bimbingannya bisa jawab dengan sukses tuch 4P, dan akhirbya jadi materi kuliahnya ade, biar pas pendadaran keluar besok, pada biosa jawab^^

Ayomi Albanna mengatakan...

hehehehe...Aamiin.. teteh.. jadi ngebayangin pendadaran n pengen cepet2.. hihi ^^

arasholihah mengatakan...

he..he..insyaAllah akan mengalami masa2 menegangkan penuh sensasi itu,nikmati aja prosesnya sekarang,insyaAllah akan indah pada waktuny^^

Ayomi Albanna mengatakan...

Siap teteehh :)) doakan selalu adekmu ini ya teh.. \^o^/

arasholihah mengatakan...

semangat adeQ sholihah, saling mendo'akan yak^^miss u