Senin, 21 April 2014

ruang yang kau sediakan #2 [serial tifani dan azzam]

gadis itu hendak beranjak ketika tiba-tiba ekor matanya menangkap seseorang yang begitu dikenalnya sejak kecil.
azzam! ngapain dia disini?! huuh. gerutunya.

yang ditangkap oleh ekor mata justru sudah menyadari sejak lama, dan ketika gadis itu (namanya tifani) sempurna menolah, azzam sudah nyengir melihatnya.

"dari tadi lu ngliatin gue?" semprot tifani langsung.

"iya, hahaa. muka lu kocak. ada hal 'berat' yang lagi lu pikirin ya fa?"

"heu -.-, dasar profesor sotoylogi"

"gue serius nanyanya fa..."

"jawab dulu pertanyaan gue: ngapain lu ada disini sekarang?"

senyum manis. hal yang azzam lakukan ketika menyembunyikan sesuatu.
"gue lagi ngecek frekuensi kita aja fa..haha, masih se-frekuensi ternyata, buktinya gampang banget gue nemuin lu disini"

mm, tifani diem sejenak. tumben bahasanya azzam rada berat.
 "ga ngerti gue sama maksud lu zam"

"yaelah ujubune tifaniiii!!, lola lu peliara ye.. hahahaa" azzam kabur dan mengambil kunci motor tifani..

"eh, itu motor gue!"

"gue pinjem dulu dah..ada urusan bentar"
sebelum tifani lanjut protes azzam buru2 klarifikasi: "tenang, cuma bentar kok shalihah sahabatku.. lu tunggu aja di cafe cokelat sebelah ye, gue yang bayar dah"

tifani nggak punya pilihan, dia percaya sama azzam walaupun rese luar biasa sahabatnya itu.
yang membingungkannya adalah: "buat apa azzam ada di kota ini sekarang? ada urusan apa dia? dan kenapa tepat disaat semua ini sedang dihadapi tifani.."
ah, mending gue minum cokelat dingin aja, daripada mikirin maksudnya si azzam. ntar gue tanya baik-baik dah ke dia..biasanya kan juga gitu, hehee "husnudzon selalu lebih baik" pikir tifani sambil cengar cengir
dan ada sms masuk dari azzam, isinya singkat "pesenin gue cokelat panas ya,haha"

---
benar, memang tidak lama, sekitar 10menit sejak sms pesan cokelat panas itu, azzam sudah kembali.
dikota ini, waktu sudah menunjukkan pukul 20.00, jam 8 malam.
tifani memang memiliki kebiasaan tertentu saat terjadi hal tertentu,
ya, dia akan mendatangi tempat yang nyaman dan bisa membuatnya rileks. dan disanalah azzam sengaja menunggu tifani dan benar saja, mereka bertemu.
persahabatan yang unik. karna sebenarnya secara intensitas komunikasi, mereka terbilang cukup jarang.

tepat cekelat panas baru tersaji..
azzam mengambil tempat duduk semeja dengan tifani, yaiyalah..emang mereka mau ngobrol pake toa -__- heu, emang mau ngobrol ya..

2 menit yang hening.

"fa.."azzam membuka percakapan
"gue emang sengaja kesini mau nemuin lu, gue tahu tempat mana yang bakalan lu datengin" jeda lagi. azzam emang pinter bikin orang penasaran, denger2 di tempat kerjanya sekarang dikota besar, dia sering diminta buat mengisi suatu aja bertajuk motivasi
 "kenapa lu nggak cerita buat urusan segede ini ke gue?"

erg -,- tifani kaget

"urr..urrusan apaan zam?"

azzam pasang muka 'wew'... "udah minum cokelat tetep lola aja lu"

gue timpuk juga dah ngatain mulu.gerutu tifa

hahahaa. mereka tertawa sejenak bersama.

tifani ambil napas panjang, azzam kira..bakal ada yang dia ceritain, ternyata tifani bener2 cuma ngambil napas panjang. dasar! oke kalau hari ini mungkin jatah gue yang banyak ngomong pikir azzam

"tifa...lu jelas bukan orang lain lagi bagi gue, gue pikir lu juga tahu..
dan gue juga mungkin bukan oranglain buat lu, kita dah kenal dari kecil. walaupun jarang ketemu atau ngobrol, gue akui..sejauh ini, teman terbaik gue ya lu fa..mungkin hal yang sama juga yg lu rasain, he'eh.."azzam sadar banyak kalimatnya yg aneh, dia cuma garuk2 kepala aja.
"jadi..nggak mungkin gue akan biarin lu ..erg..gue kesulitan cari kata2 yg tepat. jadi nggak mungkin gue akan ngebiarin lu nggak bahagia,hehe hehe" lega,azzam menyelesaikan kalimatnya. fiuuhh

tifani nyengir, lu lucu amat zam..
"..gue baik2 aja, lu ga usah khawatir. menghela sejenak, tifani meneruskan, "gue cuma belum dapet jawaban terbaiknya"

"kalau boleh gue tanya" tetiba azzam menyela
"sebenernya lu yakin nggak dengan semua ini?"

tifani menunduk, ah, dia nggak mau terlihat berkaca di depan azzam, sekalipun azzam adalah teman terbaiknya.

"tifa..."

nggak bisa nahan, tifani akhirnya sesegukan

gue rasa sebaiknya semua ini diselesein, tapi azzam menahan untuk tidak mengatakannya, dia mempertimbangkan keadaan tifani sekarang

"tifa...lu harus hadapi ini..lu harus berani"

"gue udah sampein zam, gue udah bilang, tapi nggak ada satupun yang menggubris, bahkan dia sekalipun"

sial.bagaimana aku bisa percaya pada orang seperti itu. azzam berpikir.
"kalau gitu, sebaiknya lu ambil jalan sendiri aja secepatnya"

"hah?! maksud lu zam?"

hem -_- kebiasaan lola
"maksud gue, lu segera urus proses sama yg lain"

"apa-apaan lu zam, gue belum siap lah!" protes, tifani mulai nggak suka, azzam terlalu ceplas ceplos.

"tifaaa! itu satu-satunya solusi. gua nggak mungkin ngebiarin lu sama dia, dengan sikapnya sekarang aja gue udah tau bakal seperti apa sikapnya nanti, walaupun mungkin dia punya ribuan alasan untuk diterima, karna lepas dari sikapnya sekarang, gue tahu dia penuhi semua kriteria baik"

"itu bukan solusi satu-satunya"
erg...maksudnya?
"gue pegang sebuah kunci, dan kunci ini bisa membuka 3 pintu sekaligus. sekarang gue lagi usaha ngedapetin kunci itu untuk berfungsi..
..insyaAllah semua bisa clear gue selesein kalau 1-2 bulan kedepan bisa gue lewatin"
tifani senyum

azzam juga tersenyum, tapi tidak sepenuhnya dia lega. azzam tahu betul tifani, bisakah tifani menyelesaikannya?

gue harus tetep keliatan tenang di depan azzam, berabe kalo azzam ikutan andil di urusan ini,makin runyam ntar, tifani mbatin.

"yayy!! jadi lu kesini cuma buat nanyain aku soal ini zam?ampun dah..penting banget gue buat lu yak, ekekek"

"heu,sambil ada kerjaan sebenernya gue kemari" sambil ngasal azzam jawab
"tifa, gue serius nih..lu benerin bisa ngatasin ini?"

"yap" tifa meyakinkan sambil senyum lebar, itu ekspresi tifa yang paling meyakinkan memang

"hmm. oke lah, mungkin aku bisa balik malem ini ke kota"

"hui..cepet amat zam"

"ya,mau apa lagi, itu pilihan lu fa.. gue tahu, ini semua terasa berat buat lu, gue pengin ikut bantu ngringanin beban lu, sebagai sahabat dan teman terbaik. tapi tampaknya,kali ini gue juga mesti ngerti, gue paham..lu tetep mau jaga izzah lu sbg seorang muslimah, sekalipun itu sama gue..laki2 bukan mahram yg saat ini mungkin paling kamu percaya, hehe
baiklah, see you next time tifa, jangn lupa kabarin gue. dan satu lagi, gue siap jd konsultan kapan aja :D"
azzam beranjak..

secepat itu.. tifa tertegun
sebenernya,siapa sih ini yang lagi nyembunyiin sesuatu? fiuhh.
tifani juga berkemas, pulang.

Tidak ada komentar: