Selasa, 23 Desember 2008

Ibu… Azimat perjuanganku…

        Kemarin tanggal 22 Desember, Hari Ibu ya? Sebenernya biasa aja siy.. Tiap hari Ibu selalu berarti buatku, buat kita mungkin. Yah, walopun udah lewat satu hari (maap deh, terbatas fasilitas) gapapa dey ngomongin Hari Ibu, tapi aku ga bakal mbahas banyak-banyak. Kalau secara kasat mata memang keliatannya Hari Ibu adalah waktu dimana semua orang ngingetin jasa-jasa seorang ibu, mulai dari artis yang emang apa-apa selalu diberitain, pejabat, bahkan presiden.. Beberapa elemen masyarakat juga kelihatannya ikut memperingati hari ibu, dari anak-anak TK yang ngadain karnaval (pasti bareng gurunya donk..) sampe muslimah HT yang ikut bersuara di hari Ibu ini.
        Sebenarnya simple aja, Allah udah jelas memerintahkan kita untuk patuh pada ortu, kisah-kisahnya juga udah ada, dari sabda rasul juga ada. Ya udah,,siapa sih kita?mau melawan perintah Allah? yang udah menciptakan kita, memberi kita hidup, nafas, kebahagiaan, masalah, semuanyaa.. bahkan orang-orang kafir juga dapat hal yang sama kan? Mau apa?? Sombong banget sih jadi manusia? Kita cuma dianugerahi kemampuan, selebihnya kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Waduh… sorry.. kebawa emosi, lagi meletup-letup niy semangatnyaa..
Yah, dari sudut manapun, mungkin ibu adalah sosok terbaik yang kita kenal di dunia.. Tentunya ibu yang bertanggungjawab donk.. Bukan yang berbuat zina lantas meninggalkan hasil perbuatan zinanya begitu saja.. Ibu..akan jadi orang pertama yang menegur saat gurat wajah tak seperti biasanya,, Ibu..akan jadi orang yang paling khawatir kala melihat diri terluka, meski cuma sedikit,, Ibu..akan jadi orang yang paling penyabar, kala diri sakit dan tak bisa apa-apa.. kala diri lupa dan ingin menang sendiri,, Ibu..akan jadi orang yang paling cerewet saat hasil-hasil ulangan tak memuaskan, saat menjelang tes semester, ujian dan sebagainya,, Ibu..akan jadi orang yang paling lebay saat diri mau balik ke kost, semuanya suruh dibawa, nasi, lauk, jeruk, roti, semuanya..takut kalau diri ini akan kelaparan di kos-kosan,, Ibu..yag sering merindukanku untuk pulang,,katanya rumah sepi ga ada kamu.. Ahh ibu.. Aku sayaaang banget sama ibu.. Ga ingin ibu kecewa, ga ingin ibu bersedih.. Aku sayang ibu,, ibuku yang terbaik.
          




Waktu aku kecil ibu sering sekali menggendongku dengan jarit, apalagi kalo aku lagi bisulan.. Ibu juga yang tiap malem nemenin aku belajar, mengajariku bacaan solat, nganter ngaji di musola, beliin kembang api kalo malam takbiran, ngajarin aku membaca, menulis, menggambar, berhitung,, ngajarin aku qira’ah, baca puisi, bernyanyi, main piano..ngajarin aku main tennis meja, badminton, bersepeda.. Ibu yang nemenin aku kalo lagi sakit di Rumah Sakit yang payahnya, aku ga mau bobo di kamar pasien, maunya jalan-jalan sepanjang koridor Rumah Sakit, ibu tetep nemenin aku,,sambil bawa obat sirup buat aku minum. Ibu yang aku masih ingat, menangis saat aku harus dioperasi..Oh..aku yang baru kelas 4SD jadi pengin nangis juga..

Pokoknya emang ibu itu adalah azimat perjuangan buat kita, beliau akan membantu kita menjadi lebih benderang menapaki kehidupan.. Setuju??

Tidak ada komentar: