Selasa, 23 Desember 2008

Masa Kecil Yang Indah

Mengingat masa kecil sepertimengingat surga kecil yang pernah kutemui.. hidup di desa yang bayak sawah, pekarangan, jalan kecil tak beraspal.. Semuanya, jadi kenangan yang membuat aku bersyukur, telah diciptakan Allah sebagai manusia. Waktu aku TK, tiap kali pulang sekolah harus kejar-kejaran sama ayam kalkun, bukan aku yang ngejar ayamnya, tapi ayamnya yang ngejar aku.. Hahaha.. TKnya sama kaya TK adekku sekarang, TK Aisyiah.. Kalo mau berangkat, sama eyang putri selalu diwanti-wanti, kalo jalan di sebelah kiri, di pinggir, ga boleh slengkedan, pecicilan.. Nanti kalo pulang ditanyain sama eyang, “mau nang sekolah diwaraih apa?” Aku jawabnya sambil jalan-jalan kesana kemari, ga peduli sama eyang yang sampe capek tengak-tengok ngliatin aku..
SD,,saat-saat yang penuh pembelajaran, tentang kehidupan, ketetapan, keikhlasan dan ketabahan.. Kalo ga salah ni, murid baru di sekolahku waktu itu ada 16 anak, 10 putra dan 6 putri. Kalo ga salah lagi ya, ke-16 anak itu adalah, aku, tri utami (si cerdas yang selalu jadi saingan aku), sahlan (kakaknya saryati,paling sabar dan paling kebapakan), saryati (adeknya sahlan, sabar dan semangat belajarnya tinggi), renata (si kecil yang pemberani), teguh (mirip anak Chinese,tapi bukan, masih saudara sama aku), asep (anak yang paling nakal, sering ngerjain aku), septian (masih sodara sama aku juga, lumayan bandel), iwan (si ganteng yang sering juga jadi sainganku), fendi (si kecil yang jail dan kreatif), susi (pendiam), sri (pendiam, dan selalu pilek), aji (si gendut yang juga bandel), yuli (yang paling sering berantem sama aku),yang lainnya.. Duh,, maaaaf banget, aku ga bisa maksa ingatanku.. aku bener-bener lupa.. Astaghfirulloh.. Yah pastinya sekarang semuanya udah berubah, aku juga ga pernah lagi ketemu sama semuanya, paling satu dua yang ketemu papasan, nyapa trus ya udah.. Oh ya, aku udah inget, yang lain itu Yahyo (mmm..ga begitu deket, tapi dia tu anak kecil yang paling sok dewasa), sama Paryoto (lumayan lucu).
Ruangan sekolah kami juga cuma 5 kelas, kelas 2 berangkatnya siang. Waktu dulu, aku sering bareng temen-temen pulang lewat terbis (jalan kecil di pekarangan), atau cari bunga…(apa ya?ku lupa namanya) bunga yang warnanya ungu, pink, sama putih.. Atau kalo ga, kita sering main lompat-lompatan di sawah, sambil angkap belalang, capung.. Aah..indaaah..banget.. Nanti sorenya biasanya aku di ajak ayah ke sawah cari belalang buat makan burung.. Atau liat petani yang lagi pada tandur, matun, sama kegiatan lainnya deh pokoknya, ku lupa. Hehe.. Dulu juga sama ibu sering dianem kalo sekolahnya gap inter mending bantuin bapak ibu tani aja di sawah.
Mulai kelas 2 SD aku sekolah pagi sama sore, satu di sekolahku SDN Skp 03, sorenya di Diniyah, pelajarannya agama semua,, emang siy ga sebagus Al-Irsyad, Al-Azhar, atau sekolah IT lainnya, bayarnya juga ga mahal 12000 setahun lho.. Berangkatnya aku naik angkot, pulangnya biasanya dijemput.. Seneng dey… Waktu pertama kali masuk aku masih inget, semuanya harus mulai dari iqro jilid 1,, yang bikin aku heran cara ngajar gurunya pake irama jadi rasanya kaya lagi main aja.. Trus juga, guru-gurunya baik-baiik banget, ustad Rabban, ustad Rabbani, ustadzah Siti, ustad Imron.. Aku masih inget, ustad Rabbani selalu ngasih tanda senyum  di kartu nilai kami, tapi kalau bolos nanti bakalan dikasih tanda cemberut  ustad yang di musola deket rumah juga baik, ga cuma belajar baca al qur’an, kita juga di ajarin nyanyi..di kasih permen, mainan.. Pernah juga belajar rebana, tapi karena santri putrinya cuma dikit,, jadi yang diajarin cuma santri putranya aja, yang putri cuma disuruh ngliatin..
Banyaak banget kenangan indah waktu kecil, walaupun kepahitannya juga ada, tapi saya tidak mau mengungkitnya sebelum semuanya muncul sendiri dalam ingatan.. Bahkan sebenarnya, banyak cerita yang terlewat,, saya tidak mampu menuliskan dengan detail, menyeluruh.. terlalu banyak dan terlalu rumit namun indah… Sahabat-sahabatku waktu kecil, yang sering aku aniaya, aku jedodin di tiang bendera, yang sering ngambil bangku kecilku yang warna hijau, yang pernah mengejekku sampe aku marah dan memukulnya, yang pernah berantem sama aku, sahabatku yang dulu bertemu pada pertandingan tennis meja, aku merindukanmu, tapi tak ada jejakmu, aku ga pernah nyangka, kita yang dulu tiap kali latihan selalu berantem.sampe hari terakhir latihan, kita yang nomor kaosnya sama,, ternyata persahabatan kita begitu berkesan.. Semoga suatu saat kita bisa bertemu lagi yaa..





Ah ya,, sahabatku di SMP.. SAINS, singkatan nama kita dan untuk S yang terakhir adalah Semua bersaudara.. bersimbol bebek yang selalu berlenggak lenggok melewati lapangan sekolah kita.. Masih inget kan? Temanku yang dulu kita ga begitu deket, ga nyangka sekarang kita berada di jalan yang sama..dan rasanya..engkau adalah sahabat terdekatku dari dulu.. Ukhti Imuut.. Allah menghimpun kita bersama orang-orang sholeh ya ukh..semoga Amin.. Anak-anak cerdas dari SMP di desa, ada sang master fisika-Syabiq, master matematika-Fathurrozi, master semuanya-Tri Ut, pemimpin kami yang terbaik waktu itu, Danu yag tetap jadi ketua OSIS juga di SMA.. kakak kelas yang juga pada sayang banget sama aku,, mba Rohmi, mba Nimas, mas Pandu, mas Baihaki, mas Muji, mba Satya, mba Rikhma, mba Arum, mba Sari yang selalu jadi juara umum, mas Yoga, mas Werdi, mas Rosyid, mas Almahrun,, makasih ya mba, mas.. Lama juga ya kita ga ketemu..

Buat pembaca, maaf ya,, kesannya ini memang edisi salam-salam,, saya rindu pada mereka,, kalo udah bosen bacanya, ga usah dilanjutin gapapa kok.. Lagian ini juga udah selese.. maturnuwun..



Tidak ada komentar: