Minggu, 22 Januari 2012

tentang ibuk

ibuk sudah jadi guru selama tigapuluhtahun sebelasbulan.. tiga-puluh-tahun-sebelas-bulan.. hehe.. saya baruu tahu pagi ini, ketika diminta buat bantu ibu ngetik-ngetik formulir, ngisi2 formulir..entah apa..

Dulu waktu kecil, aku melihat sosok ibuk sangat strengh.. disiplin tingkat tinggi, makan bunyi dikit aja, lirik, melotot, dibentak deh..hehe.. dan parahnya aku sering melakukan kecerobohan2.. mecahin piring lah, ngejatuhin gelas, kepleset..atau makaann yang memakan waktu lamaa.. Pada fase itu kayaknya ibu juga lagi membangun pondasi awal yang paling dasar (ke aku).. dari mulai ga boleh jajan sembarangan, hukuman kalo
 nilainya jelek, atau dimarahin habis2an kalo ga ngomong pake kromo inggil k orang tua, dicepet2in kalo ngapa2innya lama...
apalagi soal kerapihan, kebersihan, subhanalloh..ibuk nomer satu untuk hal itu.. tapi kok yaa segede ini aku belum bisa rapih dan bersih ya..hwehehee.. trus soal anggah ungguh.. sekalian aku kasih tahu ke kalian pada yaa..
1. jangan memasukkan tangan k kantong celana, jaket, atau baju pas berhadapan dengn orang lain, sombong kata ibu..
2. jangan ketuker-tuker nyebut kondur-wangsul, tindak-mlampah, rencang-kanca, dalem-kula.. behh..
3. kalo makan jangan bunyi, jangan sisa, jangan lupa cuci tangan juga
4. kalo orang jawa, ngerti bahasa jawa, ngomong sama orang jawa yang lebih tua pake bahasa jawa juga, jangan pake bahasa indonesi, ga sopan! hehe

hampir enam tahun d purwokerto nge-kos, lupa aku sama selanjutnyaa.. ^^

Ibuk memang tegas, mendominasi, pandai diplomasi, dan ga kira2 kalo muji atau ngejatuhin orang, hahaa
waktu aku belum masuk SD pernah diajak ibuk k sekolahnya, ngliatin ibu ngajar kakak2 kelas 4 SD, matematika.. dan busyeet, hampir semua murid kena omel, dan kena hukuman PR, Tugas, haha.. tapi di akhir2, aku liat, pada bisa tuh akhirnya..
ituu yang menjadikan aku ga mau sekolah d SD tempat ibuk ngajar.. emoh emoh.. hehe

jugaa waktu aku lolos tenis meja tingkat kecamatan, mau ke kabupaten.. tiaapp malem, ga bosen ibu nglatin (plus ngomel2), bilang permainanku masih jelek, bakalan kalah kalo kayak gini, mundur aja kalo ga serius..
Huwaahh..akhirnya lebih sering aku minta latihan sama bapak, bacandaan teruss.. hihiii
atau pas mau lomba geguritan, ibuk juga yang nglatih akuu.. heran sebenernya dulu.. ibuk kok apa aja bisaa..
terakhir2 pas mau lulus SD.. ibuk ngajarin aku qiro'ah..minta aku belajar qiro'ah jugaa k ustadz mughni yang suaranya buagus banget.. nah untuk yang terakhir ini..aku ga bisa2..napasnya ga pernah nyampe..hehee

Ah ibuk...
hampir setahun belakangan ibuk turun pangkat lagi dari kepala sekolah ke guru lagii, kebijakan baru (yang aneh) kata beliau..
ibu milih buat ngajar ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)... dan berbulan2 aku ga tahu ceritanya... belakangan ibuk suka cerita.. ABK-nya ada yang authis, tuna daksa, tuna graitha, dll..pada sukaa banget nglendot2 ke ibuk.. dan kemarin kata ibuk..ada seorang siswanya yang (akhirnya) bisa nulis.. subhanalloh..

Aku sukaa kepikiran.. banyaak orang di sekitar kita yang kemanfaatannya jelas, sementara aku? huuhh..
makasih ya buk.. udah mengurus aku sampe segede ini..dengan semua kebandelan, kenakalan, kekhawatiran dan kemarahan yang aku 'ciptakan' buatmu.. aku sayang ibuk :)

dan untuk nasehatmu pagi ini : "sing pinter le sekolah trin...biar hidupnya berkecukupan, ga perlu ngrepotin orang, kamu lihat sendiri..dimana2 dunia jadi rebutan..sing pinter sekolahe"

hiks hiks.. iya buk, insyaAllah... :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

dont say "ah.."

uffin word..