Kamis, 05 April 2012

lagi2, senang, sedih atau...

Kurang lebih dua hari yang lalu.. setelah tak tahan membaca status2 fb-nya yang katanya nyampah tapi bagiku analisis berkualitas itu.. akhirnya kuberanikan menegur, lalu bertanya, “benarkah dik, dugaan mbak-mu ini?”.. dan ya, jawabnya.. insyaAllah mba, setidaknya untuk saat ini, ayo mba berjuang bareng2.. huks.. perasaanku pas baca itu piye yo.. apalagi pas aku nulis, “setidaknya, tahu kalau adik2 mba tidak berguguran di jalan dakwah sudah sangat membahagiakan..” lah, mau gimana.. satu sisi aku sedih.. sisi lain aku juga seneng..
Dua tahun dia sering cerita kalo ‘keimanannya diujung tanduk’, he’eh, agak lebay sih.. tapi ya, sering dia menggambarkan kondisinya yang begitu sulit, hanya sekedar untuk bertahan.. yah, dan basirahku tak cukup peka untuk langsung menitipkannya ke orang yang tepat, aku sibuk sok-nasehatin sendiri, dengan pemahamanku yang dangkal, yang bahkan jauh-tidak lebih baik darinya.. dan dia,adekku itu dengan legowo selalu ‘mendengarkan’.. sering malah aku yang berkeluh, mohon doanya, minta bantuannya.. basirahku ga nyala sekedar buat merasakan, dia sedang berada di persimpangan.. butuh segera ditanting, butuh segera dibersamai.. (aduh,mandan aneh istilahnya..)
Pernah aku minta bantuannya, buat bantuin adekku yang disini (di pwt), dia ga kenal sama adekku yang disini, tapi dia tetep berusaha nyari’in, ngusahain sungguh2.. duh, aku tega banget sih.. sempet ngerasa bersalah, lagi2 basirahku ga cukup peka buat minta maaf, atau kembali menanyakan ‘kabarnya’.. terakhir cerita kalo dia nge-drop secara fisik, dah diujung batas.. tapi aku yo cuma kasih saran seperlunya, ga cukup peka buat tanggap “anak ini harus segera diselamatkan”. Sampailah akhirnya aku mendapati dirinya bersama kafilahnya, sabilillah.. menegakkan syariah dan khilafah.. terbuka akhirnya dia menunjukkan identitasnya yang baru.. dan ternyata sudah sejak dua tahun lalu.. Duh gusti... kemana hatiku buat merasai salah seorang adikku yang tengah bergulat dengan pilihan.. kemana basirahku yang berkali-kali mendengar ceritanya tapi tak kunjung respek, padahal apa susahnya saat itu aku menghubungi seorang kawan di UGM, nitip adek, tolong dijaga dan dibina baik-baik.. sampai akhirnya dia mencari sendiri, dan mendapati sendiri.. well, mungkin ini kesimpulanku sendiri aja.. tapi, sampai hari ini sejak dua hari yang lalu, aku tetap masih merasa ‘sedikit bertanggungjawab’ atas pilihannya.. padahal kayaknya, kalo tu anak baca tulisan ini, reaksiny: “apa sih mba cat, aneh, pede bgt mba, mba itu cuma bagian kecil banget dalam hidupku, ga ngaruh apa2 mba”.. hehe.. iya sih, bisa jadi bener.. tapi kan dia dah tak anggep adek sendiri, dah tak letakkan dengan rapi di hatiku bersama deret nama yang lain, adek2ku yang lain..
Harokah Dakwah Lain.. ga masalah sih.. selama Allah, Rasulullah dan Al Qur’annya sama..
Cuma ya gimana ya, tapi ya emang salah siapa coba kalo adekku itu memang pemikirannya mendalam, analisisnya tajam, suka berdiskusi, ingin tahu-nya, tiap waktu isi otaknya meletup ingin tahu dan ga mau diem, jika hal itu terfasilitasi di HDL ya, gimana lagi.. aplikasi tarbiyah kita mungkin yang harus dibenerin..

Hal menyesakkan itu datang karna genggaman yang tak utuh padamu.. biar Allah saja yang Menjaga.. selamat berproses dik..

tentang si ayyash, 3 April2012

Tidak ada komentar: